Kamis, 02 Juni 2016

Berat Cinta 09



Berat Cinta Jatuh ke Alam Saha
(Bagian 9)

Master Chin Kung :
Kita baru saja selesai mendengarkan pembacaan laporan belajar dari Venerable Zi-liao, merupakan peringatan keras bagi kita yang berniat terlahir ke Alam Sukhavati, sungguh merupakan perkataan yang berterus terang.

Kehidupan di dunia ini amat susah, saya yakin praktisi sekalian juga serupa dengan diriku, menyelami dengan mendalam bahwa setahun demi setahun hidup ini kian parah saja; dengan perkataan lain, dunia saha ini tidak bisa dihuni lagi, mesti segera mengambil langkah seribu. Ke mana tujuan kita? Tentu saja ke Alam Sukhavati, apakah mungkin? Tentu saja bisa. Setelah membaca Sutra Usia Tanpa Batas, maka anda akan mengetahuinya.

Manusia hidup di dunia ini berhadapan dengan kondisi yang tidak kekal dan terus menerus mengalami perubahan tanpa henti, tiada satupun yang tidak berubah, bahkan Buddha Dharma juga mengalami perubahan, apa lagi yang lainnya.

Andaikata kian berubah kian bagus, maka tempat ini masih pantas didambakan, namun sayangnya, kian berubah kian memburuk, kian susah dan sengsara, makin berubah makin merosot dan terpuruk, maka itu lebih baik segera mengambil langkah seribu, tidak ada yang patut didambakan lagi.

Bumi yang kita huni ini sudah sampai sedemikian parahnya, apakah kita masih juga belum sadar? Andaikata kita segera meningkatkan kesadaran sedini mungkin, kembali ke jalan yang benar, mengerahkan segenap hati ber-sarana (berlindung) pada Buddha Amitabha, sepenuh hati mengandalkan Alam Sukhavati, mengakhiri samsara, memutuskan arus tumimbal lahir.

Praktisi yang gagal terlahir ke Alam Sukhavati, laporan hari ini telah menyebutkan dengan jelas, yakni kemelekatan cinta tidak dikikis. Apa yang anda cintai, semuanya adalah khayalan semu, cinta dapat berubah jadi dendam.

Jadi metodenya sudah cukup jelas, yakni hanya dengan “Menfokuskan pikiran melafal Amituofo, melepaskan segala kemelekatan”, dengan begini sudah bisa berhasil.

Kalau cuma menfokuskan pikiran melafal Amituofo, tapi tidak sanggup melepaskan segala kemelekatan, maka juga takkan berhasil mencapai Tanah Suci Sukhavati.

Tak peduli terhadap apa saja, selama masih timbul nafsu cinta, maka ini ibarat seutas tali yang melilitmu jatuh lagi ke alam saha, selamanya tak berdaya keluar dari roda samsara. Jadi diri sendiri yang harus menyingkirkan semua kemelekatan ini.   

Dalam kehidupan kali ini sungguh tidak mudah memperoleh kesempatan terlahir sebagai manusia dan mendengar Buddha Dharma, terutama berkesempatan mendengar Pintu Dharma Tanah Suci, menjalin jodoh Dharma dengan Upasaka Xia Lian-ju dan Upasaka Huang Nian-zu, dua Bodhisattva ini pasti membantu kita berhasil terlahir ke Alam Sukhavati.

Jadi kalau nafsu cinta tidak berat takkan jatuh ke alam saha, kita mesti mengalihkan nafsu cinta ini menjadi cinta berat pada Tanah Suci Sukhavati, sekarang kita lepaskan dulu alam saha ini, melangkah ke Alam Sukhavati, setelah mencapai pencerahan di sana, barulah kembali lagi dengan status Buddha atau Bodhisattva, jati diri sudah tidak serupa dulu lagi (bukan orang awam lagi), tujuan kita datang juga sudah berbeda, kita datang untuk menyelamatkan para makhluk yang masih tersesat, jadi kita datang bukan karena kita jatuh terpuruk. Ini adalah sangat penting.

Petikan Kelas Belajar Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas
Edisi 219
Laporan belajar dari Venerable Zi-liao
Tanggal 19 Mei 2016
Bertempat di HK Buddhist Education Foundation
Kode Artikel 02-042-0219


愛不重不生娑婆
()

老法師:我們剛才聽了自了法師這段的報告,對我們真正想求生淨土的人是很高的警策,確確實實是真話。這個世界生活之艱苦,我相信大家能跟我一樣,深深感觸到一年比一年嚴重;換句話說,這個世界不能住,這個世界必須趕快離開。到哪裡去?到極樂世界去。極樂世界行嗎?行。你能夠把《無量壽經》念熟了,你就明白了。

一個人在世間,面對著無量無邊的變化,人在變化,事在變化,物在變化,沒有一樣不在變化,佛法也在變化,沒有一樣東西是不變的。如果是愈變愈殊勝、愈變愈好,這個地方還值得留戀。如果它是負面的,愈變愈差、愈變愈壞,愈變愈辛苦、愈變愈墮落,那不如趕緊走的好,不值得留戀。現在我們居住的地球,真有一點像古人所說的,嚴重到極處,能不警覺嗎?能夠警覺得早,警覺得快,趕快回頭,一心依靠阿彌陀佛,一心依靠極樂世界,這是我們了生死、脫輪迴的一條正道。

凡是念佛不能往生的,今天這個報告說得很明白,什麼原因?情執不斷,愛。你愛的,你要知道全是假的,不是真的,愛會變成怨,會變成恨,會變成仇,它不是真的,我們要知道。我們要想方法,這個方法,佛在經上講得很清楚、很明白,教我們一心念佛,放下萬緣,就成功了。一心念佛,要放不下萬緣,還是去不了。無論對什麼,只要有一念貪愛、一念情執,那就是一根繩子,把你拴在輪迴,你永遠出不了輪迴。這個自己要把它解開,要把它拋棄。這一生,好不容易得人身聞佛法,聞到淨土法門,跟夏蓮老、黃念老結上法緣,這兩個菩薩決定能幫助我們往生淨土。所以,愛不重不生娑婆,不是好事,我們扭轉過來,我們愛極樂世界,我們放棄娑婆世界。到極樂世界成就正覺之後再來,再來是佛菩薩,身分不一樣了,是來救世間人,不是自己墮落。這個要緊。

無量壽經科註第四回學習班  自了法師、李桃  (第二一九集)  2016/5/19  香港佛陀教育協會  檔名:02-042-0219