Minggu, 26 Oktober 2014

Perjalanan Jauh Kala Mentari Terbenam 08



Perjalanan Jauh Kala Mentari Terbenam
Bagian  8

Sekarang kita membahas, bagaimana cara menyelesaikan masalah yang dihadapi lansia? Yakni dengan sepatah Amituofo dapat menuntaskannya. Masa kini umumnya lansia dilanda kesepian, andaikata dapat mencurahkan isi hati ke dalam lafalan Amituofo, hati sendiri dengan Hati Buddha saling terjalin, maka dapat menghapus kesengsaraan, menghalau kerisauan.

Putra putri tidak sesuai harapan hati, bagaimana caranya agar tidak timbul kegelisahan? Yakni dengan melafal Amituofo, setelah melafal hingga menjadi trampil, urusan duniawi jangan dipikirin, maka dalam hati takkan menderita. Jika tidak melafal Amituofo, tidak ada tumpuan, maka akan sangat menderita. Maka itu harus mengalihkan pikiran untuk melafal Amituofo berkesinambungan, dengan melafal Amituofo akan ada pemberkatan Buddha masuk ke dalam hati, hati akan terasa damai dan memiliki tumpuan.

Banyak lansia pelafal Amituofo yang fungsi penglihatan dan pendengarannya masih bagus, pikirannya juga masih jernih, bahkan kehidupannya juga jadi memiliki harapan, takkan berputus asa pada kematian. Maka itu ini merupakan pintu Dharma yang penuh dengan kedamaian! Begitu terpikir akan saat menjelang ajal ada Buddha Amitabha yang datang menjemputnya, juga  terpikir bahwa berkat ketekunan diri sendiri dalam melatih diri pasti akan terlahir ke Alam Sukhavati, maka saat itu keyakinan hati akan penuh, perasaan sukacita juga akan memenuhi sanubarinya!

Masa senja seorang lansia yang takkan ada lagi kerisauan dan penderitaan, meskipun tubuh jasmani sulit terhindar dari penderitaan penyakit, namun dengan adanya sepatah Amituofo ini di dalam hati, maka ini sudah sangat lumayan. Dapat melafal Amituofo maka akan memiliki masa depan dan harapan; bila tidak melafal Amituofo, maka beragam jenis penderitaan akan sulit terhindarkan, terutama kesepian yang melanda lansia, putus asa dan ketakutan, bagaimana cara menghadapinya? Bagaimana menyelesaikannya?

Masyarakat masa kini berbeda dengan masa lalu, masa dulu beberapa generasi masih tinggal serumah, namun masa kini lansia semakin kesepian, putra putri kebanyakan tidak berbakti, yang tinggal bersama dan bercengkerama dengan orang tua adalah sangat sedikit. Tetapi kita mempunyai sepatah Amituofo maka itu tidak perlu merasa takut, karena setiap saat kita berada bersama Buddha, semua ini bukan merupakan masalah.

Lansia kesepian karena diri sendiri tidak mampu mengikhlaskan, tidak memiliki tumpuan, juga melihat putra putra tidak berbakti, tidak saling bertukar pikiran, sehingga orang tua tidak tahu harus ke mana mencurahkan isi hatinya. Tetapi dengan mencurahkan segala isi hati ke dalam lafalan Amituofo, segenap hati bertumpu pada Buddha Amitabha, Buddha takkan mengabaikan kita, hati kita akan jadi lapang dan terbuka serta bersukacita. Sukacita ini tidak memerlukan syarat yang berasal dari luar, asalkan senantiasa melafal Amituofo di hati, maka ini merupakan pil sukacita yang penuh mujarab.

Ada praktisi yang sesudah melafal Amituofo memperoleh kebahagiaan yang belum pernah dirasakannya sebelumnya. Kebahagiaan ini bukanlah dapat diberikan oleh putra berbakti, juga bukan  bisa diperoleh karena makanan yang dihidangkan lezat dan bergizi, juga bukan karena pakaian yang dikenakan berkualitas tinggi, tinggal di hunian mewah, segala kesenangan di dunia ini tidak dapat dibandingkan dengannya. Maka itu hendaknya menjadi lansia yang memiliki kebijaksanaan, menumpukan hati pada lafalan Amituofo, maka segala masalah dapat teratasi.


Petikan dari Kelas Belajar Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas
Edisi : 94
Tanggal : 18 Oktober 2014
Bertempat di : Pure Land Learning College Association, Inc., Australia



日暮途遠
(八)

現在我們講,老年問題怎麼解決?在一句阿彌陀佛裡解決。現在的老人普遍孤獨,如果能把心思放在阿彌陀佛上,自己的心和佛心相應,就能去苦、消愁。兒女不如意,怎麼能做到不苦惱?就是念阿彌陀佛,佛念得熟了,世間事不會想它,心裡就不苦。不念阿彌陀佛,沒有一個寄託,心總是緣在這上面,那就會很苦。所以要把心換過來,不斷的念佛,這樣念得好,有佛的加持進入心裡,心情會很好,心裡會有寄託。很多長年念佛的老人耳聰目明,思惟清晰,而且人生有希望,不會對死絕望。所以這是大安樂法門!一想到臨終有阿彌陀佛接引,一想到由自己的勤修一定能往生,這個時候會信心充滿,歡喜充滿!人的晚年心裡沒有了憂苦,身上雖然難免有一些病苦,但有這句佛號在心,就好得多了。能念阿彌陀佛,就有前途、有希望;沒有念佛,各方面的苦都難以避免,尤其是老年孤苦寂寞、絕望恐懼,怎麼面對?怎麼解決?現在這個社會跟過去不一樣,過去還有幾代同堂,這個時代老人愈來愈孤獨,子女不孝順的多,和老人共處交流的都很少。但是我們有一句佛號就不怕,因為我們念念在佛,這些就都不是問題。老人的孤獨是因為自己想不開,沒有寄託,又看到兒女不孝順、不交流,自己的心沒地方放。但能把心思放在佛上,一心一意的依靠佛,佛不會嫌棄我們,自己的心會放得開、會開朗、會歡喜。這個歡喜不必要外在的條件,佛號常常持在心裡,這就是歡喜靈丹。有人晚年念佛得到了幾十年得不到的安樂,這不是孝子所能給予的,不是吃好東西能得到的,也不是穿好衣服、住好房子能得到的,世間的一切樂都比不上的。所以要做有智慧的老人,把心放在阿彌陀佛上,就一切問題都能解決。

無量壽經科註第四回學習班  (第九十四集) 

2014/10/18  澳洲淨宗學院  檔名:02-042-0094