Kamis, 02 Juni 2016

Berat Cinta 08



Berat Cinta Jatuh ke Alam Saha
(Bagian 8)

3. Menfokuskan Pikiran Melafal Berkesinambungan, Mematangkan Karma Suci

Masa sekarang kebanyakan orang, terhadap Alam Sukhavati, tidak sepenuhnya berniat terlahir ke sana, juga sedikit orang yang mau berdaya upaya, sehingga mampu melafal Amituofo berkesinambungan tak terputus.

Maka itu, sekarang setel pikirannya ke arah Tanah Suci Sukhavati, yakni mengalihkan nafsu cinta berkesinambungan menjadi melafal berkesinambungan, setiap saat membulatkan tekad terlahir ke tanah suci.  

Master You-xi berkata : “Dapat meringankan nafsu cinta duniawi, belum tentu dapat menfokuskan pikiran membulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati. Dapat menfokuskan pikiran membulatkan tekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, pasti dapat meringankan nafsu cinta duniawi”.

Ini menunjukkan bahwa dapat mengurangi kemelekatan cinta pada dunia saha ini, belum tentu dapat menfokuskan pikiran membulatkan tekad terlahir Alam Sukhavati. Tapi, hanya dengan menfokuskan pikiran membulatkan tekad  terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, maka ini pasti dapat mengurangi kemelekatan cinta pada dunia saha.

Maka itu harus perbanyak membaca sutra untuk lebih mengenal kewibawaan Alam Sukhavati, sehingga hati yang berniat terlahir ke tanah suci kian hari kian menguat. Setelah kekuatan tekad terlahir ke Alam Sukhavati melampaui kekuatan tumimbal lahir, maka anda dapat menggenggam kepastian berhasil terlahir ke Alam Sukhavati.

Dalam mewujudkan segala hal, langkah permulaannya pasti sulit, baru mulai menimbun karma suci tentunya sulit, tapi asalkan tekun, menunggu kekuatan tanah suci perlahan jadi menguat, maka semuanya akan berubah jadi gampang. Saat itu hatimu akan menjauhi kemelekatan pada dunia saha, mendekati Alam Sukhavati.

Maka itu, selagi masih muda, mempunyai kesempatan melatih diri dan semangat, harus lekas membangkitkan ketekunan, memperkokoh benih terlahir ke Alam Sukhavati, menempatkan diri di atas jalur menimbun karma suci.

Petikan Kelas Belajar Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas
Edisi 219
Laporan belajar dari Venerable Zi-liao
Tanggal 19 Mei 2016
Bertempat di HK Buddhist Education Foundation
Kode Artikel 02-042-0219


愛不重不生娑婆
()

(三)專心繫念,成熟淨業
現在大多數人,對於極樂世界不是心心念念的嚮往。也很少有人肯下功夫,讓自己念佛的心達到念念相續。結果就是,對娑婆世界和極樂世界的心一厚一薄,一重一輕,在用心的程度上相差太懸殊。因此,現在要做的,就是把自己的心扭轉到極樂世界方面。換句話說,就是要把自己對於娑婆世界綿綿不絕的愛,換成對極樂世界念念希求的心。

幽溪大師在《淨土法語》裡也講到:「能輕娑婆之愛,未必能一極樂之念。能一淨土之念,必能輕娑婆之愛。」也就是,能夠減輕對於娑婆世界的愛執,未必能夠一心繫念極樂世界。但是,只要能夠使求生極樂淨土的心達到專一,則必定能減輕對娑婆世界的愛執。

要想讓自己一心求生極樂世界,就要在這方面多串習。也就是要多看極樂世界方面的書,多了解西方淨土的功德莊嚴,多想西方的依正妙相等等。正所謂「熟處轉生,生處轉熟」。你要讓自己的心,逐漸對於輪迴疏遠,讓愛執娑婆的心不像過去那麼濃厚。並且要讓自己的心,常常緣在極樂世界上面,對這些愈來愈熟,薰習得愈來愈深,這樣欣求極樂的心自然會變得愈來愈重。這樣,西方淨土的習氣就會逐漸成熟,自己的氣分會跟極樂世界愈來愈相應。也就是說,要讓自己心上墮入輪迴的力量和往生淨土的力量此消彼長。一旦往生的勢力強過輪迴的力量,你就有把握往生了。

我們都學過十二緣起,在流轉輪迴方面解釋,它的根本就是愛取有。其實這個道理在往生淨土方面也是一樣的。其中「愛」就是指愛西方淨土裡的一切,如果再再加強這種對極樂國土的信心、好樂心,就會發展為心心修淨業,念念求往生,唯一「取」清淨的善法。這樣你的心裡就會出現「有」,也就是已經有了決定往生西方的淨業勢力。這樣在世的時候就可以得到授記,決定能往生極樂世界。

俗話說,「萬事開頭難」,剛開始串習淨業確實比較難。但只要肯精勤的努力,等到淨土方面的力量逐漸加強到量,就會變得很容易。那時,你的心自然會跟娑婆世界很疏遠,跟極樂世界很親近。所以,大家趁著現在還年輕,有因緣、有精力的時候,就要在這上面用功,在往生正因上加強,把自己規範在修淨業的軌道上面。

以上選摘自智圓法師《往生之路十》。

無量壽經科註第四回學習班  自了法師、李桃  (第二一九集)  2016/5/19  香港佛陀教育協會  檔名:02-042-0219