Minggu, 26 Oktober 2014

Perjalanan Jauh Kala Mentari Terbenam 10



Perjalanan Jauh Kala Mentari Terbenam
Bagian  10

Nama Buddha ini adalah mustika menakjubkan yang tak terbayangkan, segala manfaat baik duniawi maupun non duniawi juga dapat terwujud, sepatah Amituofo dapat mengurai kesusahan di dunia ini, dapat menawarkan racun dan mengobati penyakit, bahkan dapat membebaskan dari penderitaan roda samsara, menyelamatkan para makhluk keluar dari lingkaran tumimbal lahir, mengalihkan awam menjadi suci.

Maka itu dalam segala hal, dapat menggunakan sepatah Amituofo untuk menyelesaikannya, kuncinya terletak pada apakah kita memiliki keyakinan hati yang sesungguhnya atau tidak. Mengapa perlu membahas hal ini? Karena lansia mudah didera penderitaan penyakit, kala bertemu dengan musibah ini maka reaksi pertama adalah seketika juga melafal Amituofo. Umpamanya bila bertemu dengan kesusahan, apa yang harus dilakukan? Yakni melepaskan semua kemelekatan, menfokuskan pikiran melafal Amituofo, memohon Buddha bermaitri karuna menjemputku terlahir ke Alam Sukhavati. Poin ini dalam keseharian harus dilatih hingga trampil.  

Sebagian orang tidak memahami secara mendalam jasa kebajikan dari Nama Buddha, selalu saja terlena oleh obat-obatan luar, pengobatan medis dan sebagainya, dia tidak tahu bahwa sepatah Amituofo memiliki kekuatan menakjubkan yang tak terbayangkan. Dalam segala hal menakjubkan yang tak terbayangkan, dengan kekuatan Buddha Amitabha merupakan yang paling menakjubkan yang tak terbayangkan, maka itu hendaknya membangkitkan keyakinan yang sebesar-besarnya terhadap nama Buddha Amitabha ini, dengan hati yang penuh sukacita dan tulus untuk melafalnya.


Petikan dari Kelas Belajar Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas
Edisi : 94
Tanggal : 18 Oktober 2014
Bertempat di : Pure Land Learning College Association, Inc., Australia



日暮途遠
(十)

這個佛號是不可思議的如意寶,一切世間和出世間的利益都可以成辦,它能解世間的厄難,能解毒、能治病,還能解生死苦,把人從生死輪迴中救拔出來,轉凡成聖。所以一切的事情,都能用這句佛號來解決,關鍵我們要有真實的信心。為什麼要講這些?因為老年人容易遇到病苦,遇到一些意外,這時候的第一個反應應當是提起佛號。比如遇到危難怎麼辦?就是放下萬緣,一心一意念阿彌陀佛,求佛慈悲接引自己往生。這一點,平時就要訓練純熟。一般人對於名號的功德認識不深,往往會迷信外在的藥物、醫療等科學技術,他不知道佛號有極其不可思議的力量。在一切不可思議中,以阿彌陀佛的力量最不可思議,而佛號就是佛果地的境界,所以應該對阿彌陀佛的名號生起極大的信心,用歡喜心和虔誠心來持念。

無量壽經科註第四回學習班  (第九十四集) 

2014/10/18  澳洲淨宗學院  檔名:02-042-0094