Jumat, 18 Maret 2016

Menghargai Kesempatan Melatih Diri 05



Menghargai Kesempatan Melatih Diri
Bagian 5

Meskipun penghuni Alam Dewa (Surga) mempunyai pahala, namun ini bukanlah kondisi yang menguntungkan untuk menjalani kehidupan suci, meskipun pahala seluruh penghuni Alam Surga bila diakumulasi, namun juga tidak sebesar pahala manusia yang melatih diri selama sehari.

Meskipun pahala seratus Bill Gates, juga tak sebanding dengan pahala kita belajar Buddha Dharma selama setengah hari. Barulah mengetahui bahwa betapa berharganya kondisi yang menguntungkan untuk menjalani kehidupan suci. Barulah mengetahui bahwa pahala selama setengah hari mendengar ceramah Dharma, baik penghuni Alam Surga maupun seratus Bill Gates juga tidak sanggup memperolehnya.

Renungkanlah dengan seksama, mengapa kita justru melewatkan waktu yang begitu berharganya dengan sia-sia? Ibarat mengabaikan permata bernilai dan malah mengejar lobha, dosa dan moha. Menghabiskan waktu yang tidak bisa dibeli meskipun dengan emas, untuk mengirim pesan di telepon pintar, ini merupakan langkah yang terlampau tidak bijak!

Insan yang benar-benar menghargai kehidupan manusia itu tentunya akan bertanya : Hari ini apakah pantas saya bermain game online, apakah pantas saya nonton tv, apakah pantas saya pergi makan-makan di restoran, apakah pantas masih menghadiri jamuan, apakah pantas masih melancong, pantaskah masih merenovasi rumah, pergi shopping, pantaskah menghabiskan waktu di salon kecantikan, pantaskah menghabiskan waktu setengah hari untuk membungkus pangsit, pantaskah berkebun menanami bunga, memelihara ikan, memetik gitar, praktek ilmu (Taichi dsb), semuanya ini tidak pantas lagi.     

Maka itu insan yang benar-benar menghargai kehidupan ini, takkan menyia-nyiakan waktu meskipun hanya sedetik saja, oleh karena anda begitu menghargai kesempatan untuk melatih diri. Meskipun ada yang menawarkan sebuah mobil cantik dengan tiga menit waktumu, anda juga takkan sudi. Atau menawarkan padamu seratus juta dolar Amerika, untuk ditukar dengan tiga menit waktu melatih dirimu, anda juga takkan sudi. Anda akan menolaknya dengan berkata : Saya tidak mau!

Beginilah praktisi tempo dulu, mereka takkan sudi menggunakan waktu yang begitu berharga untuk melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat. Seperti ada seorang praktisi yang hendak keluar dari guanya, tiba-tiba melihat ada setumpuk duri di depan mulut gua. Ketika dia hendak memotongnya, tiba-tiba terpikir : Kondisi yang menguntungkan untuk melatih diri adalah begitu sulit diperoleh, bagaimana boleh menyia-nyiakannya!  

Maka itu bagi praktisi sejati, meskipun hari ini ada orang yang menawarkan padanya seratus tael emas untuk membujuknya melakukan hal yang tidak berkaitan dengan melatih diri, dia juga takkan sudi. Meskipun mentraktirnya dengan hidangan mahal dan istimewa, dia juga takkan sudi meninggalkan pelatihan dirinya.

Jangankan bilang menghabiskan waktu dua atau tiga jam, jalan-jalan ke mall, bahkan meskipun bos pemilik mall bersedia menyerahkan kepemilikan mall kepadanya, dia juga takkan meliriknya sama sekali. Meskipun menyerahkan separuh tahta kerajaan padanya, dia juga takkan tergoyahkan, takkan ada orang yang bisa menariknya keluar dari pelatihan dirinya.

Seperti pada jaman dulu ada praktisi yang diundang menjadi guru kerajaan, namun praktisi itu lebih merelakan kepalanya dipenggal daripada memenuhi undangan raja. Pelatihan diri lebih penting daripada jabatan di istana, lebih penting daripada disanjung oleh raja.

Maka itu segala bentuk hiburan, berselancar di dunia maya, nonton tv, main game, baca koran dan sebagainya, hanya orang yang tidak bijak yang mau melakukannya.

Petikan Kelas Belajar Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas
Edisi 206
Laporan belajar dari Venerable Zi-liao
Tanggal 2 Maret 2016
Bertempat di Pure Land Learning College Association, Australia



珍惜暇滿人身寶
()

北俱盧洲、天上的人有福報,但不是暇滿,修不了佛法。整個北俱盧洲人的福報,加起來比不上我們現在一天聞思修的福報大。人間一億個比爾.蓋茨的福報也比不上我們半天學法的福。這才知道暇滿的珍貴。這才知道有半天的聽法、學法,是所有的北俱盧洲人、所有的欲界天、一億個比爾.蓋茨都得不到的。好好想一想,為什麼我們會把這麼寶貴的時間白白的浪費掉?像把如意寶隨隨便便扔掉一樣,用它去搞貪瞋痴。把一億兩黃金買不來的暇滿時光,拼命在手機上「嘩啦、嘩啦」的打發掉,這是糊塗到何等的地步!真正懂了人身難得還會問:今天該不該上網打遊戲、該不該看電視、該不該上飯店、該不該參加聚會、該不該旅遊、該不該裝修、該不該逛超市、該不該花幾個小時去美容、該不該花半天包餃子、該不該去種花、養魚、該不該彈琴、練功,這些統統都沒有了。所以了解了人生的珍貴,即使用億萬美鈔跟你換一寸光陰,你也不會換。你有這種珍惜暇滿的觀念,給你一萬輛小車換你三分鐘,你也不換。如果有人說:你今天浪費三分鐘不學佛法,就給你一億美鈔。你會拒絕說:我不要!

古人就是這樣,他不願意把寶貴的人身用在無意義的事上。像卡拉貢穹格西要出山洞,有一叢荊棘擋住了洞。他正想去砍時,轉念一想:暇滿這麼難得,怎麼能浪費!所以,珍惜暇滿的人哪怕用億兩黃金去買他向無意義的事走一步,他都不願意。倒添一萬塊錢拉他出去吃飯,他也不要去。不用說二、三個小時逛超市,就是超市的老闆把整個超市給他端過來,他都不看一眼。就算半壁江山送給他,他都不要,何況區區的五欲。這時,讓他浪費時間是一萬匹馬也拉不動的,肯定像錐子插入地中一樣,沒有人能把他從修法當中拉出來。像古德,皇帝請他做國師,他寧可斷頭也不去。這個道比去皇宮受賞都看得重,比當國師都看得重。所謂的世間娛樂,上網、看電視、打手機、看報紙這些,都只是糊塗人才會做的。

文摘恭錄 無量壽經科註第四回學習班  自了法師  (第二O六集)  2016/3/2  澳洲淨宗學院