Senin, 21 Maret 2016

Menghargai Kesempatan Melatih Diri 18 (Tamat)



Menghargai Kesempatan Melatih Diri
Bagian 18

Membuat perenungan Mara Jahat yang menelan kesempatan melatih diri

Ada dua perumpamaan :
Ketika sedang berada di jalanan, stasiun MRT, ada pengecer koran, renungkanlah bahwa surat kabar adalah Mara, janganlah disentuh. Bayangkanlah sebagai berikut :  Surat kabar membuat pikiranku jadi kacau, membuatku membeda-bedakan dan pikiran jadi tidak suci, menarik diriku jatuh ke dalam roda samsara, jatuh ke alam rendah. Dia adalah Mara yang menelan kesempatan melatih diriku.

Juga ibarat memasuki sebuah pusat perbelanjaan yang besar, produk-produk mewah yang dipajang sungguh menawan hati. Segeralah mengingatkan diri sendiri : Ini adalah istana Mara, begitu masuk langsung menelan dua atau tiga jam waktuku melatih diri, jadi harus cepat-cepat keluar.  

Kehidupan sendiri bila bisa disederhanakan, maka tidak perlu selalu pergi ke pusat perbelanjaan. Sebagai praktisi, makan dan berpakaian cukup bersahaja, melewati hari demi hari dengan apa adanya. 

Untuk menghidupi diri sendiri, membutuhkan biaya berapa besar memangnya? Tidaklah pantas bila demi mengejar Lima Nafsu (gemar akan harta, rupa, ketenaran, makanan dan tidur), sehingga harus begitu capek.

Pakaian hanya perlu beberapa stel saja, mencuci dan memeliharanya dengan baik, dua atau tiga tahun juga tak perlu beli yang baru, jadi tidak perlu harus selalu berkunjung ke toko baju. 

Maka itu terhadap segala sesuatu yang terkategori dalam Lima Nafsu, haruslah dipandang sebagai “Mara Jahat yang menelan kesempatan melatih diri”.  

Petikan Kelas Belajar Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas
Edisi 207
Laporan belajar dari Venerable Zi-liao
Tanggal 5 Maret 2016
Bertempat di Pure Land Learning College Association, Australia

~Selesai~


珍惜暇滿人身寶
(十八)

作「吞噬暇滿的惡魔」想
舉兩個例子:
譬如,看到街上、地鐵月台上賣報紙,就像見到魔鬼一樣,不要碰它。要這樣想:報紙讓我散亂、讓我生種種不清淨的分別,把我拉向輪迴、拉向惡趣。它就是張牙舞爪的魔鬼,吞噬我人身的精華!
又譬如,進入一家大型超市,商品琳琅滿目。馬上警惕:這是魔宮,一進去就被吃掉二、三個小時的暇滿,不能進去。自己的生活能簡化,就可以少進甚至不進大超市。我們修道的人,粗衣淡飯隨緣過。養活自己用得了多少?不應該被五欲所累。像穿的幾身衣服,好好的洗,好好的穿,二三年都不用換,哪裡要經常逛時裝專賣店呢?像這樣舉一反三,對種種世間五欲都作「吞噬暇滿的惡魔」想。

無量壽經科註第四回學習班  自了法師、妙音  (第二O七集)  2016/3/5  澳洲淨宗學院