Sabtu, 28 Mei 2016

Pokok Penting 02


Pokok Penting Terlahir ke Alam Sukhavati
(Bagian 2)

Kunci keberhasilan terlahir ke Tanah Suci Sukhavati adalah “suka” dan ”benci”. Begitu kunci ini dibuka, langsung menuju ke tanah suci, sebaliknya kalau kunci ini tidak dibuka, maka terpisah oleh puluhan ribu gunung yang tinggi.

Lantas bagaimana caranya membuka pintu untuk terlahir ke Tanah Suci Sukhavati? Maka lihatlah ke dalam hati sendiri, apakah ada “suka” terlahir ke tanah suci dan “benci” pada alam saha. Sejak kedua hal ini mulai ada, maka juga mulai melangkah menuju tanah suci. Sebaliknya bila tidak ada, maka meskipun mulut melafal Amituofo, namun hati bukanlah ditujukan ke tanah suci,  sehingga hasil dari melafal Amituofo juga beralih ke tempat lainnya.

Jadi harus senantiasa mengamati hati sendiri, apabila masih belum punya minat pada Tanah Suci Sukhavati, sementara terhadap alam saha masih mendambakan, maka pintu tanah suci masih belum terbuka.

Kuncinya adalah mengamati hati anda, lebih berat ke mana, apabila hati yang suka pada Tanah Suci Sukhavati lebih berat, terhadap alam saha lebih ringan, maka ini berarti pintu tanah suci telah terbuka. Kekuatan ini akan terus mendorong hingga mencapai Alam Sukhavati.

Kini, banyak praktisi yang begitu yakin dirinya pasti terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, padahal bila diamati, hatinya sama sekali tidak sepenuhnya berminat pada tanah suci, lebih mendambakan alam saha ini. Masih mengejar kesenangan duniawi, sebaliknya terhadap kewibawaan lingkungan Alam Sukhavati, malah tidak merasa ada keistimewaannya, seolah-olah merasa hal ini tidak ada sama sekali, jadi hanya menaruh sedikit minat, bahkan niat saja juga tidak ada, walaupun begitu, dia percaya bahwa dirinya pasti bisa terlahir ke tanah suci.

Padahal sesungguhnya justru amat berbahaya, ditinjau dari benih sebabnya, arah yang dituju itu berbeda, hati anda mengarah ke enam alam tumimbal lahir, bagaimana bisa mencapai tanah suci?

Maka itu harus diketahui kunci keberhasilan untuk terlahir ke Tanah Suci Sukhavati adalah “suka” dan ”benci”, begitu anda mulai tidak suka pada alam saha ini, maka hati anda mulai menuju ke tanah suci, membuka pintu Alam Sukhavati, terjalin dengan Buddha Amitabha. Mengapa demikian?

Oleh karena niat hati Buddha Amitabha adalah menyelamatkan semua makhluk dari samsara, bila anda dapat mengerahkan segenap hati memohon penyelamatan pada Buddha Amitabha, saya bertekad terlahir di negeriMu! Maka tentu saja Buddha akan datang menjemputmu. Jodoh ini tentunya memerlukan niat dari kedua belah pihak, tidak bisa hanya ada kekuatan tekad Buddha Amitabha saja.

Petikan Kelas Belajar Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas
Edisi 209
Laporan belajar dari Venerable Zi-liao
Tanggal 10 Maret 2016
Bertempat di Pure Land Learning College Association, Australia
Kode Artikel 02-042-0209

往生的要訣
()

往生的竅妙,就在於欣、厭二字,或者說它的竅門是以欣、厭為主。這個竅一打開來,就直接通向淨土,這個竅沒打開,那還隔了萬重山。這樣我們要看到,該怎麼來打開往生的門呢?那就要看自己心上是不是真的有欣、厭的內涵。從真正有欣厭開始,就已經往淨土方面走了。如果還沒有欣厭,雖然也會念佛,但口不由衷。意思是不是以一心去西方為目的,所以念佛的作用就會轉到其他方面。

所以要時時檢查自心,如果對這事還沒感覺,對娑婆沒有厭離心,對極樂也沒有嚮往心,就表明淨土的門還沒開。如果心裡已經在發展欣、厭了,對淨土愈來愈欣求,對這個世界愈來愈覺得沒意思,就說明有希望。像這樣,關鍵要看你心上對這兩邊的重視程度。如果在淨土方面的心很重,對娑婆世界的心很輕,那就表明淨土的門正在打開。以這種推動力,就會直接往淨土去。如果心上沒出現這種勢力,或者一種決定趣向的動力,就不會往那邊走。

現在很多人內心是盲目的,卻自以為一定能往生。其實這不一定。因為檢查你的心時,發現根本沒有欣、厭的內涵。提到淨土時並不是一心欣求,對於娑婆還是戀戀不捨。這上面心的濃度不成比例。對於娑婆世界的五欲、快樂,各種世間的享受,那是百分之百的追求,是非常濃重的貪求心;對於極樂世界的依、正莊嚴則沒有興趣,一副若無其事的樣子,好像根本沒這回事,一點點嚮往、希求的心都沒有,不是一心渴求,念念都想著那個目標,想著自己這一生一定要生到西方。其實這樣很危險,你的心當下是直接往娑婆世界趣向的。像我們學法相的時候講「六趣」。「趣」,指趣向,這是從因上說的,意思是因上有差別,趣向的地方就有差別。像這樣,你的心一直趣往輪迴裡的六個方向,又怎麼會去淨土呢?

所以要清楚,往生的竅門在哪裡?就在欣、厭上。欣、厭一起來,心就往西方去了,就已經開啟了往生的門,已經念念跟阿彌陀佛相合了。為什麼呢?要知道,阿彌陀佛的心願,唯一是救度生死中的眾生,如果你能一心向阿彌陀佛呼救,我要生到你的國土!那當然佛會垂下手來接引你。這在緣起上必須是兩相情願,不能只有彌陀單方面的願力。

文摘恭錄 — 無量壽經科註第四回學習班  自了法師  (第二O九集)  2016/3/10  澳洲淨宗學院  檔名:02-042-0209