Selasa, 31 Mei 2016

Berat Cinta 03


Berat Cinta Jatuh ke Alam Saha
(Bagian 3)

3. Menjauhi Cinta Bernoda, Hati Jadi Suci
Jika kita benar-benar berniat terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, maka mesti membuat hati kita kian hari kian suci, dengan demikian barulah terjalin dengan Buddha Amitabha dan tanah suci.

Jadi selangkah demi selangkah putus hubungan dengan enam alam tumimbal lahir, membangun hubungan erat dengan Alam Sukhavati; perlahan-lahan memutuskan jalinan dengan orang awam, membangun jalinan erat dengan Buddha Amitabha; perlahan putus hubungan dengan dunia awam yang tercemar ini, membangun hubungan erat dengan Tanah Suci Sukhavati.

Setiap saat yang dipikirkan adalah Buddha Amitabha dan Tanah Suci Sukhavati, segenap hati ingin terlahir di tanah suci. Dengan demikian dapat memandang hal duniawi dengan hambar, hingga segala kesenangan duniawi, hubungan duniawi dan sebagainya, juga takkan melekat lagi, oleh karena semakin mawas diri, menyadari bahwa semua ini akan merintangi upaya terlahir ke Alam Sukhavati.  

Kita ambil contoh tentang jalinan hubungan antar manusia, asalkan mengikat hubungan yang khusus dengan seseorang, menjadi teman akrab misalnya, maka hatimu telah sangkut pada orang ini. Oleh karena telah menjalin hubungan pertemanan, maka dua pihak harus saling selalu memberi kabar, dengan demikian kedua belah pihak juga saling mempengaruhi satu sama lainnya, maka kedua belah pihak juga memiliki kerja sama di bidang kekuatan karma, dan sebagainya.

Sebaliknya, anda menjalin permusuhan dengan orang lain, contohnya demi memperebutkan ketenaran dan keuntungan sehingga menjalin permusuhan, maka karma buruk ini akan menyeret dirimu, menghalangi upaya terlahir ke Alam Sukhavati.

Maka itu untuk menfokuskan diri menimbun bekal terlahir ke Alam Sukhavati, tak lain adalah melenyapkan kemelekatan pada cinta individual, barulah dapat memutuskan lingkaran tumimbal lahir. Jika tidak dapat memutuskan cinta emosional ini, kekuatan ikatan ini kian lama kian kuat, sehingga akhirnya anda sulit terlepas dari cengkeramannya, berputar terus di dalam roda samsara dan sulit untuk keluar.

Cinta duniawi merupakan benih samsara, mencintai sepanjang hidup, pasti akan merosot. Mari kita amati sejenak, kenyataannya setiap orang yang sedang kasmaran pasti akan merosot batinnya, bahkan sulit untuk keluar dari perangkap asmara ini.  

Sebaliknya seorang praktisi yang setiap harinya mengingat Buddha dan Bodhisattva serta Tanah Suci Sukhavati, jalinan jodohnya dilekatkan pada hal yang benar, dengan demikian batinnya akan terus mengalami kemajuan.

Semakin banyak cinta yang dicurahkan, semakin berat kasih sayang yang diberikan, maka makin tenggelam dalam lingkaran tumimbal lahir; sebaliknya pikiran yang makin terfokus maka kemajuan batin kian naik ke atas. Untuk terlahir ke Alam Sukhavati juga berkat sebersit niat pikiran terfokus ini, maka itu disebut “Kalau cinta tidak berat maka takkan terlahir ke Alam Saha, bila pikiran tidak terfokus maka takkan terlahir ke Alam Sukhavati”.

Petikan Kelas Belajar Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas
Edisi 218
Laporan belajar dari Venerable Zi-liao
Tanggal 14 Mei 2016
Bertempat di HK Buddhist Education Foundation
Kode Artikel 02-042-0218


愛不重不生娑婆
()

(三)遠離染情,心地清淨
我們如果真想往生極樂世界,真想修淨業,就應該讓自己的心一天比一天清淨。這樣才能跟阿彌陀佛相應,才能有清淨佛土的氣氛。

具體來說,就是要逐漸跟輪迴脫離關係,一心跟極樂世界建立關係;逐漸跟世間俗人脫離關係,一心跟阿彌陀佛建立關係;逐漸跟世俗的染污緣脫離關係,一心跟淨土的清淨緣建立關係。也就是念念緣阿彌陀佛,緣西方三聖、清淨海會;心裡想的都是極樂國土,薰的都是淨土氣氛,一心一意就要往生到那裡。這樣一來自然能夠把娑婆世界的事看淡,至於世間的享樂、世俗的關係等等,也不會特別執著,因為那時候心會很警醒,知道輪迴裡的法會牽連自己,會障礙往生。

就拿人與人之間的關係來說,只要跟一個人建立起密切的世俗關係,譬如成為朋友,那麼你的心就會被一個人牽住。因為既然有關係了,彼此之間就要有來往,這樣方方面面都會有影響,就要有業力上的合作等等。反過來說,如果你跟一個人結了很深的怨,譬如為了爭名奪利而變成了仇敵,或者良心上欠了很多的債,那麼這些惡業也會牽著你,障礙往生。也就是在輪迴方面有一點造作,就必然會有一種業,把你的心往輪迴的方向牽引。既然如此,想讓自己的心念念緣淨土,一心修淨業,就必須斷除對輪迴的愛,這樣才能斷除輪迴的因緣。如果不能斷除貪愛之心,它的勢力就會愈來愈大,就會成為你難以拔除的樁子。一旦這個樁子深陷在輪迴的沙灘裡面,就會使你千生萬世沉陷輪迴,無有出期。

《楞嚴經》中講到:「純情即沉」,「純想即飛」。這裡「情」就是指愛,也就是我們對於世俗諸法的愛。這種貪愛之心就是生死因緣,愛一生,必然會下沉,會下墮。我們觀察一下就知道,其實每個人陷在情愛裡的時候,心都是往下沉的,而且很難拔出來。經中又講到:由於愛染就會發起妄情,情在身體裡面積聚起來,就會出生愛水。譬如心裡想美食的時候就會出口水;憶念所愛的故人,或者想起他的種種可愛之處,或者哀其亡故心中不忍,就會流眼淚;貪財之心生起的時候,由於心裡發出貪愛之水,在身體上就會顯現出皮膚光潤之相等等。總之,雖然愛有差別,但是積聚於內,而表現在外的方式是一樣的,都是以濕潤為性。濕潤則自然無法上升,必定下墜。

相反,如果愛很輕,比方說思想家,由於他們一心探求真理,心處在寧靜的想當中,很少去緣世間的欲塵,這樣生起的世俗情愛就很少,心就比較清淨單純。再譬如修行人心裡常常觀想清淨的法,自然就不跟情黏在一起。譬如觀想佛菩薩、清淨佛土,緣正法作意等等,心當下就是往上飛的。這些你只要觀察一下,就能體會到。對此,經中說到:如果眾生心裡希求勝妙境界等,發生仰慕渴求,就會出生想念,想念不斷的積聚,就會出生殊勝之氣。譬如持清淨戒,就會全身輕快清淨;持咒、結印的時候,心會顧盼雄毅,無所畏懼;希求脫離人間欲塵,生入天界,就會夢到自己在虛空當中飛行;心裡憶念佛國淨土就能在夢裡,或者在禪觀當中見到清淨佛土;想親近善知識,自然會輕視身命發起承事。總之,雖然想有差別,但是輕揚、上舉的性是一樣的。所以會飛升,不會下沉,自然超越世俗染情。

經中又說到:如果只有想,沒有情,死後必定生到天上。如果在此基礎之上,也就是念想專一,一心作觀,再加上修福德、智慧,發清淨願,那麼臨終之時自然心智開明,面見十方諸佛,可以隨願往生清淨佛土。如果想和情均等,那麼不會上升也不會下沉,會轉生為人。其中想稍微多些,就會成為聰明的人,情多就會成為愚者。如果情多想少,就必定要墮在三惡趣裡面了。其中六分情四分想,會墮為旁生;七分情三分想,會成為餓鬼;再往下,九分情一分想,就會墮在地獄裡面。如果只有情,沒有想,就會沉入無間地獄。

這樣我們就很清楚,情愈多,愛愈重,在輪迴裡陷得就愈深;想愈多,念愈專一,上升的位次就愈高。往生極樂正是憑藉「一念」來成辦的。這就是「愛不重不生娑婆,念不一不生極樂」的含義。

無量壽經科註第四回學習班  自了法師  (第二一八集)2016/5/14  香港佛陀教育協會  檔名:02-042-0218