Minggu, 20 Maret 2016

Menghargai Kesempatan Melatih Diri 14


Menghargai Kesempatan Melatih Diri
Bagian 14

Tidak berselancar di dunia maya
Serupa dengan menyaksikan siaran tv, mengobrol di telepon, yang paling parah adalah menghabiskan waktu berselancar di dunia maya. Anak usia belia kala malam hari atau akhir pekan, berselancar di dunia maya, dua atau tiga jam dihabiskan begitu saja. Banyak orang yang tidak sanggup berhenti, sampai larut malam atau bahkan hingga fajar menyingsing, masih main game online, baca berita, mendesain blog, membagi foto atau artikel, nonton film, mengobrol, menghabiskan waktu secara besar-besaran.  

Daya pikat dunia maya terlampau kuat, menuntun hati segera keluar melalui pintu mata dan telinga, memasuki kerajaan nafsu keinginan. Hanya dalam waktu hitungan menit, hati manusia telah dihanyutkannya, tak berdaya diputar oleh nafsu keinginan. Hitung-hitung selama berselancar di dunia maya, telah mengalami berapa banyak pencemaran batin?

Kekuatan daya pikat dunia maya begitu kuat, perhatian manusia sampai terpusat ke sana, serupa dengan setan penghisap energi manusia, menghisap energi manusia dengan cepat sekali. Dengan demikian setelah beberapa tahun berselancar di dunia maya, maka kesempatan melatih diri juga telah musnah setengahnya.   

Petikan Kelas Belajar Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas
Edisi 207
Laporan belajar dari Venerable Zi-liao
Tanggal 5 Maret 2016
Bertempat di Pure Land Learning College Association, Australia



珍惜暇滿人身寶
(十四)

戒上網
相對於看電視、打電話,更嚴重的是上網問題。年輕人晚上或者週末上網,二、三個小時隨隨便便就被用掉。很多人剎不住車,直到深夜、凌晨,還在網上打遊戲、看新聞、建博客、發帖子、看電影、瞎聊天,耗費了大量的寶貴時光。
網路內容的欲塵太豐富,引得心直接從眼睛、耳朵兩道根門出去,進入欲塵的王國。人的心不到幾分鐘就痴迷起來,無法自控的跟著欲塵的影子轉。算一算在上網的幾小時裡,受了多少染污?網路內容的吸引力強,人的注意力高度集中,它就像吸精氣鬼一樣,把人的精氣神很快吸掉。這樣只要上了幾年網,暇滿人身就毀了一半。


無量壽經科註第四回學習班  自了法師、妙音  (第二O七集)  2016/3/5  澳洲淨宗學院