Minggu, 16 November 2014

Bodhisattva Teladan 01



Kelas Belajar Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas (Edisi 96) 1 November 2014
(Sharing dari Venerable Can-kui)
Bodhisattva Teladan --- Upasika Zhuang Ya-qin
Bagian 1

Yang terhormat guru kami Master Chin Kung, rekan-rekan anggota Sangha sekalian, para praktisi senior upasaka dan upasika sekalian : Amituofo! Hari ini Can-kui ingin menyampaikan laporan yang berjudul Bodhisattva Teladan --- Upasika Zhuang Ya-qin.

Pada pertengahan bulan Oktober tahun 2014, saya sedang berada di Toowoomba Australia, mendengar tentang kisah Upasika Zhuang Ya-qin dan merasa sangat terharu. Kemudian saya menyusun kisah beliau untuk dipersembahkan kepada seluruh praktisi Aliran Sukhavati.

Prinsip umum dari pelatihan diri

Upasika Zhuang Ya-qin lahir pada tahun 1937 di Kabupaten Hui`an di Quanzhou, Provinsi Fujian. Menurut dua putrinya, yakni adik dan kakak marga Wu : Ibunda adalah orang yang jujur, penurut dan tekun. Beliau memperlakukan orang lain dengan tulus, bajik, welas asih, hormat dan rendah hati. Beliau juga orangnya pendiam, Buddha tak terpisahkan dari hatinya, paling suka mendengar ceramah Master Chin Kung.

Tahun 1987 Master Chin Kung mulai memberi ceramah di Singapura, Upasika Zhuang Ya-qin mulai sering pergi mendengar ceramah. Meskipun beliau tidak mengenal huruf, namun kemampuan pemahamannya sangat bagus, setelah mendengar ceramah dia mampu menyampaikan garis besarnya kepada orang lain.

Tahun 1991 Upasika Zhuang mengambil Visudhi Trisarana dengan guru visudhi-nya adalah Master Yan Pei, yang memberinya nama Buddhis Fa Xin.

Tahun 1997 mengambil Lima Sila, guru pemberi sila adalah Master Chin Kung. Dalam keseharian Upasika Zhuang mendengar ceramah Master Chin Kung yang berjudul “Sutra Usia Tanpa Batas”, sepanjang hidupnya menggunakan asas “tulus, suci, seimbang, tercerahkan, maitri karuna, ikhlas, rela, bebas, menuruti apa adanya, melafal Amituofo”, sebagai pelatihan diri dalam keseharian.

Biasanya ketika sedang berhubungan telepon dengan putrinya, secara perlahan beliau juga akan menyebut satu persatu prinsip umum pelatihan diri di atas, lalu dilanjutkan dengan melafal Amituofo; sebelum menutup pembicaraan telepon, beliau akan mengulangi lagi asas tersebut, kadang kala akan menambahkan sepatah “Sutra Usia Tanpa Batas”, lalu melimpahkan jasa. Dengan ini beliau memberi manfaat bagi diri sendiri dan insan lain, mempengaruhi anggota keluarganya, begitu tekun dan tak pernah terputus. 


無量壽經科註第四回學習班  (第九十六集) 2014/11/1
   節錄自 :慚愧法師報告 --- 莊亞琴老居士生平事跡
  (一)

學生:懿德堪欽的菩薩行者—莊亞琴老居士生平事跡。

尊敬的師父上人、尊敬的諸位法師、大德居士:阿彌陀佛!慚愧弟子開吉今日恭敬報告的主題是—「懿德堪欽的菩薩行者—莊亞琴老居士生平事跡」。

二0一四年十月中旬,慚愧弟子在澳洲圖文巴,聆聽新加坡莊亞琴老居士的生平事跡,備受感動。因而在此將所見所聞恭敬整理,供養諸位淨宗仁者。

  一、修行綱領

莊亞琴老居士原名曾紅包,丁丑年(一九三七年)出生於福建省泉州市惠安縣。據女兒吳氏姊妹回憶說:母親是一位老實、聽話、真幹的人。她待人誠懇、善良、慈悲、尊重、謙卑。她寡言少語,佛不離心,最喜歡聆聽恩師上淨下空老法師講經。一九八七年起老法師應邀於新加坡弘法,莊老居士經常去聽經。她雖然不識字,但是理解力很好,聽後即能講述老法師所宣義理。

一九九一年莊老居士皈依三寶,三皈證明阿闍黎是上演下培老法師,賜法名法信。一九九七年受五戒,傳戒恩師是上淨下空老法師。莊老居士平日都聆聽老法師宣講的《無量壽經》,一生以老法師「真誠、清淨、平等、正覺、慈悲,看破、放下、自在、隨緣、念佛」二十字綱領,做為日常修學功課。平日與兒女打電話,必然先慢慢念出此二十字綱領,而後再念阿彌陀佛;掛電話前,會再一次念出這二十字綱領,有時還加一句《佛說無量壽經》,然後迴向。以此自度度人,感化家人,勤行不輟。