Minggu, 26 Oktober 2014

Perjalanan Jauh Kala Mentari Terbenam 13



Perjalanan Jauh Kala Mentari Terbenam
Bagian  13

Master Chin Kung :
Laporan dari Venerable Zi-liao, hendaknya dicetak tersendiri untuk disebarluaskan, diterjemahkan ke dalam bahasa asing dan disebarluaskan ke panti jompo dan rumah sakit. Kemarin saya menerima kiriman sepucuk surat dari sahabat lamaku, temanku ini usianya setahun lebih tua dariku, tahun ini usianya 89 tahun, kondisi tubuhnya tidak sehat. Dia mengatakan padaku, pada satu kurun waktu sebelumnya, dia tinggal di panti jompo, malam harinya dia terjatuh dan tidak sanggup bangkit, hingga keesokan harinya masih syukur, meskipun tubuhnya mengalami luka, namun kesadarannya masih jelas, keesokan paginya petugas yang membereskan kamarnya menemukan dirinya. Maka itu lansia sangat menderita! Apalagi bertemu dengan putra putri yang tidak berbakti maka akan semakin pilu, bagaimana mungkin perasaannya akan membaik?

Maka itu ceramah ini bagi mereka merupakan kebutuhan yang sangat mendesak. Jika benar-benar dapat meyakini adanya Buddha, yakin adanya Alam Sukhavati, yakin adanya Buddha Amitabha, melafalnya berkesinambungan, jiwa raganya akan damai. Kita tahu bahwa segala sesuatu berubah menuruti suasana hati, segala sesuatu tercipta dari pikiran, asalkan niat pikiran dapat positif, maka terhadap kesehatannya akan sangat membantu.
  
Kita di sini, jalinan hubungan antara rumah sakit dengan kita sangat bagus, di sini ada pusat kedamaian, pusat ini juga telah belasan tahun memiliki kerjasama yang baik dengan kita. Kita membantu mereka baik dari segi materi maupun spiritual, mengumpulkan berbagai ceramah ini, baik orang jaman sekarang maupun jaman dahulu kala, kita menyatukan bahan-bahan ini lalu dicetak dalam buku saku, saya percaya bahwa ini akan dapat mengingatkan banyak praktisi pelafal Amituofo dan memberi kedamaian hati bagi para lansia. 


Petikan dari Kelas Belajar Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas
Edisi : 94
Tanggal : 18 Oktober 2014
Bertempat di : Pure Land Learning College Association, Inc., Australia



日暮途遠
(十三)

  老法師:自了師這篇報告,要把它單獨印出來流通,翻成外國文,普遍的這些老人院、醫院裡邊,我們都多多的要送一些,是真的,不是假的。我昨天收到一封老朋友的信,我這個朋友大我一歲,今年八十九了,身體不很好。告訴我,前一段時期住在老人院,晚上起來跌倒了就爬不起來,一直到第二天,還算不錯,身上受傷了,頭腦很清楚,到第二天早晨,整理房間的人進來才發現了他。所以老人真苦!要碰到兒女不孝更傷心,心情怎麼會好?所以這種開示對他們來說,非常迫切的需要。真能夠相信有佛,相信有極樂世界,相信有阿彌陀佛,一直念下去,他身心就平和。我們知道境隨心轉,一切法從心想生,只要念頭一正,對他身體健康大有幫助。我們在此地,醫院跟我們的關係很好,此地有個安寧中心,這中心跟我們也是有十幾年的關係。我們幫助他,在財力上幫助他,精神上也幫助他,類似這些開示,無論是今人、古人,我們把它蒐集起來,印成小冊子,我相信能提醒很多念佛人,老年人會讓他安心。

無量壽經科註第四回學習班  (第九十四集) 

2014/10/18  澳洲淨宗學院  檔名:02-042-0094