Rabu, 23 Maret 2016

Tujuh Pengait 01



Tujuh Pengait
Bagian 1

Tujuh Pengait adalah tujuh jenis ikatan yang membuat manusia sulit terbebas dari enam alam tumimbal lahir, asalkan ada salah satu dari ketujuh ikatan tersebut belum terurai, maka tidak dapat terlahir ke Alam Sukhavati. Tujuh Pengait atau tujuh ikatan tersebut adalah :
1.    Ayahbunda
2.    Suami istri
3.    Anak cucu
4.    Kekayaan dan kedudukan
5.    Rumah dan ladang
6.    Artikel tak tertandingi
7.    Perasaan romantis

1.    Ayahbunda
Budi ayahbunda besar bagaikan gunung, meskipun menggunakan kesenangan materi untuk berbakti pada ayahbunda, namun juga tidak bisa membalas budi yang mendalam dari ayahbunda.

Manusia di dunia ini, ingin membalas budi ayahbunda, malah tidak memahami cara untuk berbakti, selalu saja memberi ayahbunda makanan daging, mengira ini adalah berbakti. Sesungguhnya ini bukanlah berbakti pada ayahbunda tetapi sebaliknya malah mencelakai ayahbunda! Mencelakai ayahbunda sehingga setiap kelahiran demi kelahiran dibunuh, untuk menikmati pembalasan akibat tindakan baktiku sebagai musuh kerabat penagih hutang.

Jadi bagaimana barulah dapat membalas budi kebajikan ayahbunda? Hanya dengan membantu ayahbunda terbebas dari roda samsara, dengan demikian bakti seorang anak barulah terhitung sempurna.

Ayahbunda yang berada di langit dan bumi ini, semuanya tidak mampu membawa kita keluar dari roda samsara, hanya Buddha Amitabha yang mampu membawa kita keluar dari tumimbal lahir.

Master Yin Guang berkata : Membantu ayahbunda terlahir ke Alam Sukhavati, berarti membantu ayahbunda menjadi Buddha. Setiap praktisi yang berhasil mencapai KeBuddhaan pasti dapat menyelamatkan para makhluk yang tak terhingga dan tanpa batas. Segala bakti di dunia ini, adakah yang lebih besar lagi daripada yang satu ini? Dapat membantu ayahbunda terlahir ke Alam Sukhavati, selamanya menjauhi penderitaan dan memperoleh kebahagiaan, barulah merupakan bakti besar yang sesungguhnya!

Manusia pasti mengalami kematian, apabila setelah mati dan tidak berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, maka siksaan yang akan dijalani kelak, takkan habis diungkapkan dengan kata-kata.

Da Yu adalah insan suci besar, tetapi dia juga tak berdaya menolong roh ayahnya. Terpikir sampai di sini, hati yang menasehati ayahbunda agar melafal Amituofo bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, muncul dengan sendirinya. Kalau bukan demikian maka adalah anak durhaka. Oleh karena tidak peduli pada kesadaran (alaya-vijnana) ayahbunda jatuh ke alam rendah, dosa ini adalah lebih berat daripada membunuh ayahbunda!

Upasaka Xia Lian-ju mengatakan : “Jika ingin membalas budi ayahbunda, hanya dengan melafal Amituofo”.

Anak cucu yang berbakti, semestinya mengerahkan segenap kekuatan untuk giat berusaha menimbun karma suci (melafal Amituofo), untuk menyelamatkan ayahbunda keluar dari enam alam tumimbal lahir. Janganlah malah membiarkan hal yang membawa manfaat besar ini, mengalah dan membiarkan orang lain yang melakukannya, sementara diri sendiri dan ayahbunda malah ikhlas berada di dalam enam alam tumimbal lahir, timbul tenggelam dan selamanya takkan ada hari pembebasan?

Manusia selalu berpikir untuk menjadi orang yang sukses, apabila anda berhasil melampaui enam alam tumimbal lahir, barulah benar-benar merupakan orang sukses!

Melakukan sebutir kebajikan, walaupun dikatakan membanggakan leluhur, tetapi juga tidak bisa membantu ayahbunda untuk mengakhiri roda samsara. Maka itu, dalam hal membanggakan dan menjayakan nama leluhur, haruslah dilakukan dalam sekali tuntas semuanya.      

Petikan Kelas Belajar Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas
Edisi 171
Laporan belajar dari Venerable Zi-liao
Tanggal 29 September 2015
Bertempat di Hongkong Buddhist Education Foundation
Kode Artikel 02-042-0171




七筆勾
()

這《七筆勾》用簡短的語言,把人間百態刻畫得入木三分。勾是一筆勾銷的意思,將世人特別耽著的父母、夫妻、兒孫、功名、田園、文章、宴遊一一一筆勾銷。這七筆就是七條繩索,生生世世把我們牢牢地繫縛在六道輪迴裡面,只要還有一條沒解開,就往生不了。

五色金章一筆勾
「恩重山丘,五鼎三牲未足酬。親得離塵垢,子道方成就。嗏,出世大因由,凡情怎剖,孝子賢孫,好向真空究,因此把五色金章一筆勾。」

「恩重山丘」,父母恩重如山,昊天罔極。「五鼎三牲」,古時候隆重的祭祀,這裡不是指祭祀,而是用五鼎三牲比喻竭盡人世間最奢華的物質享受來孝敬雙親,「未足酬」,也不能報答父母的深恩。世間人想孝敬父母,卻不懂得孝敬的方式,往往南轅北轍,以肉食供養父母,以為是盡孝。殊不知,這種孝是「落井下石之孝」,那不是孝親,是害親!害父母生生世世被殺,以償受我孝養的怨債。

那麼怎樣才能夠報答父母的恩德呢?「親得離塵垢,子道方成就」,只有幫助父母脫離生死輪迴,為人兒女的孝道才算圓滿。天地父母,均不能令我們出生死輪迴,唯有阿彌陀佛,能令我們出生死輪迴。

「嗏,出世大因由,凡情怎剖」,唉!超凡入聖的大事因緣,凡夫的淺陋知見怎能理解呢?燕雀安知鴻鵠之志?

「孝子賢孫,好向真空究」,印光大師說:成就父母往生,即是成就父母作佛。凡是作佛的,必然度無量無邊的眾生。世間盡孝之事,還有比這個更大的嗎?能夠幫助父母往生極樂世界,永遠離苦得樂,才是真正的大孝!

人生必有死,死而不得往生,則未來之苦,說不能盡。父母如果未能往生,墮落的佔絕大多數。即使一生、二生不墮落,終必有墮落三途惡道之日。大禹,是大聖人,可是他也無法救他父親鯀的神識,化為黃能(音乃,平聲,三足鱉也)入於羽淵。想到這裡,勸親念佛求生西方之心,油然而生。否則便是忤逆不孝。因為不顧父母的神識墮落,這個罪比殺父母還重!夏老居士說「欲報親恩唯念佛」。

孝子賢孫們,應當竭盡全力努力修持淨業,來救度父母出離六道輪迴。豈可將此一番大利益事,讓給別人,自己和父母甘心在六道輪迴中,頭出頭沒,永無解脫之日呢?

「因此把五色金章一筆勾」,「五色金章」代指家世譜牒,暗喻門第高貴。世間人總想出人頭地,你能夠超越六道輪迴,那才是真正的出人頭地!幹一番豐功偉業、就算光宗耀祖也不能幫助父母解決生死大事。因此,要把顯親揚名、光宗耀祖這些淺陋情見盡盡情情一筆勾銷。

文摘恭錄 — 無量壽經科註第四回學習班  自了法師、開鐳法師、唐晨馨  (第一七一集)  2015/9/29  香港佛陀教育協會  檔名:02-042-0171