Sabtu, 25 Oktober 2014

Perjalanan Jauh Kala Mentari Terbenam 03



Perjalanan Jauh Kala Mentari Terbenam
(Bagian 3)

Para praktisi yang telah lanjut usia sudah seharusnya mempertimbangkan baik-baik tentang hal yang berkaitan dengan kelahiran dan kematian! Waktu berlalu dengan sangat cepat, mungkin saja dalam beberapa tahun lagi ketidakkekalan akan tiba. Hingga hari kematian tiba juga tidak tahu ke mana harus menuju? Sudah sepatutnya merenungkan hal ini.

Andaikata dalam keseharian tidak menyandarkan diri pada Buddha Amitabha, tidak latihan, begitu ketidakkekalan tiba maka tiada yang bisa diandalkan, maka harus berputar di roda samsara lagi. Andaikata karma buruk bergejolak maka jatuh ke tiga alam penderitaan, selama berkalpa-kalpa lamanya menjalani siksaan di alam penderitaan! Perhatikan saja di kota tempat hunian sendiri, dalam sehari semalam berapa banyak orang yang telah meninggal dunia, jangankan mengatakan terlahir ke Alam Sukhavati, bahkan terlahir ke alam surga saja, dari ratusan bahkan ribuan orang, satupun tidak ada yang berhasil.

Lagi pula andaikata seorang praktisi tidak sudi membangkitkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, maka berapa banyak orang yang dapat terlepas dari roda samsara? Apakah kini anda telah memiliki keyakinan dan kepastian? Mempersiapkan diri bagaimana supaya bisa berhasil saat menghadapi ajal? Sebagian besar waktu dalam kehidupan manusia telah berlalu, sudah sepatutnya mengkalkulasi hutang piutang. Dalam satu kehidupan ini, berapa kemajuan batin yang diperoleh, berapa kekotoran batin (klesa) yang telah berkurang, berapa pula rintangan karma yang telah berkurang.

Dengan menggunakan standar per lima tahun, membandingkan waktu sekarang dengan lima tahun yang lalu, seberapa kemajuan batin yang telah dicapai? Selanjutnya mungkin hanya tersisa satu putaran atau dua putaran lima tahun lagi, tenaga dan semangat akan semakin berkurang dan melemah, kesengsaraan seorang lansia juga semakin lama semakin banyak dan berat. Andaikata tidak menggenggam erat waktu sekarang ini, mengerahkan segenap kemampuan untuk menimbun bekal buat terlahir ke Alam Sukhavati, maka kesilapan ini akan menjadi penyesalan terbesar.

Pikirkan baik-baik, sampai detik terakhir menjelang ajal, apakah diri sendiri memiliki kondisi batin bebas dan leluasa saat menghadapi kematian. Pikirkan lagi, andaikata sekarang menderita sakit kritis, dapatkah pikiran tidak jadi goyah? Saat didera penyakit, pikiran akan jadi tak terkendali, panik, kebingungan, apalagi saat menghadapi kematian? Saat menjelang ajal, empat unsur berpisah, ibarat kerbau yang dikuliti hidup-hidup, andaikata bukan praktisi senior, mana mungkin bisa begitu bebas dan leluasa melewatinya?

Pikirkan lagi, sepanjang hidup ini apakah dapat menjamin diri sendiri hanya melakukan karma baik dan tidak memiliki karma buruk? Lihat saja dalam keseharian, apa yang dipikirkan, diucapkan dan dilakukan, berapa banyak karma yang telah diperbuat, andaikata saat menjelang ajal, karma buruk bergejolak, maka akan ditarik ke tiga alam penderitaan. Begitu terjerumus maka berkalpa-kalpa sulit untuk terbebaskan. Saat jatuh ke alam penderitaan menjalani siksaan maka akan mengundang timbulnya kebencian, karma lama masih belum dilunasi hingga tuntas, maka karma buruk baru sudah bertambah, sehingga terus berputar-putar tanpa ujung, betapa mengerikannya!

Di dalam sutra Buddha ada dikisahkan tentang para makhluk yang jatuh ke alam binatang menjadi semut, hingga tujuh Buddha telah muncul berturut-turut di dunia, namun mereka masih juga terlahir kembali menjadi semut; masih ada lagi kisah lainnya yakni makhluk yang jatuh ke alam binatang menjadi burung merpati, sudah 80 ribu kalpa lamanya juga masih belum terbebas. Begitu terbayang akan hal ini, bulu kuduk juga jadi merinding, bagaimana kita tidak merasa panik dan mendesak!


Petikan dari Kelas Belajar Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas
Edisi : 94
Tanggal : 18 Oktober 2014
Bertempat di : Pure Land Learning College Association, Inc., Australia



日暮途遠
(三)

我們老年同修們,該好好考慮自己的生死大事!時間過得很快,說不定這幾年就有無常到來。到了死時有沒有下落?是該好好想一想。如果平常沒有靠定阿彌陀佛,沒有訓練,死的時候一無主張,這樣還是要再輪迴。如果惡業發動,墮了三惡趣,那更是千萬劫在惡道受苦!看看自己所在的城市,這一天一夜裡死掉多少人,不要說生西方,就連生天,百千人當中沒有一個。再說修行人裡不求生西方的話,又有多少人了生脫死?現在你已經有把握了嗎?準備在臨終怎麼來通過?人生大部分的時間已經空過了,是該好好算一筆帳了。在這一生,修行有多大的進步,煩惱減了多少,業障又消了多少。以五年來計算,以前的五年有多少進步,往後就只剩下一個五年或者兩個五年,而且精力愈來愈衰弱,老年的苦會愈來愈多、愈來愈重。如果不抓緊這段時間,盡全力積好往生資糧,這一錯恐怕就成千錯萬錯。好好想想,到臨死的一刻,自己有沒有生死自在的境界。再想想,現在生一場大病,能不能心裡不亂?生大病時,心裡都做不了主,慌亂、迷惑,何況死亡?臨終四大分解,就好像活牛剝皮,不是大修行人,哪裡能輕鬆度過?再想一想,這一生敢保證只有善業,沒有惡業嗎?就看平日裡,心裡想的、口裡說的、身上做的,造了多少業,臨終如果惡業發動,就會把心拉向三惡趣。這一投下去,那是千生萬劫也難以解脫。墮在惡趣受苦報時還會引惡心,舊的業沒有報完,又加上新的業,這樣就是無窮無盡的輪轉,怎麼得了!經上講,「七佛以來,猶是蟻子;八萬劫來,未脫鴿身。」就是墮落成螞蟻之後,一直到七尊佛出世以來,都一直是螞蟻;還有投了鴿子的身體,八萬劫都超脫不了。一想到這些,身上汗毛都會豎起來,怎麼還不著急!

無量壽經科註第四回學習班  (第九十四集) 

2014/10/18  澳洲淨宗學院  檔名:02-042-0094