Sabtu, 19 Maret 2016

Menghargai Kesempatan Melatih Diri 09


Menghargai Kesempatan Melatih Diri
Bagian 9

Tren duniawi telah menelan kesempatan melatih diri
Praktisi yang melatih diri di dunia ini, amatlah mudah terpengaruh oleh tren duniawi, terhadap bermacam-macam jenis kegiatan duniawi, tindakan, gaya hidup, apabila tidak memiliki kebijaksanaan yang cukup untuk membedakan mana yang pantas dan tidak, maka akan mudah terpengaruh oleh lingkungan masyarakat di sekitarnya, perlahan-lahan jadi mengikuti tren duniawi. 

Tanpa disadari, tren duniawi ini malah berbaur dengan pelatihan diri sendiri. Mara yang penuh kelembutan ini, membuat pelatihan diri jadi patah, terlena dalam roda samsara dan tidak ingin keluar lagi.   

Ada sebuah perumpamaan yang menyebutkan : menaruh seekor katak ke dalam panci yang berisi air sejuk, lalu nyalakan api perlahan-lahan, katak ini merasa amat nyaman, tanpa disadari akhirnya mati direbus, andaikata menaruh katak tersebut langsung ke dalam air panas, maka katak akan segera melompat keluar untuk menyelamatkan nyawanya.  

Tren duniawi memberikan fenomena palsu kepada penganutnya : Ini ada manfaatnya, ini memberi manusia rasa tenteram, ini adalah hal yang normal, bukan hanya tidak menimbulkan efek samping, tapi malah amat bagus sekali. Maka itu Mara yang penuh kelembutan ini, merupakan yang paling sulit diwaspadai. Kenyataannya, diri sendiri sudah jatuh ke dalam perangkap, diperdaya oleh kebahagiaan semu, yang bertentangan dengan niat mengakhiri tumimbal lahir, sehingga tidak berminat lagi melatih diri.

Petikan Kelas Belajar Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas
Edisi 207
Laporan belajar dari Venerable Zi-liao
Tanggal 5 Maret 2016
Bertempat di Pure Land Learning College Association, Australia



珍惜暇滿人身寶
(九)

世俗化吞噬了暇滿
生活在世間的修行人很容易被世俗化,對世間種種社會活動、行為、生活方式,沒有足夠的智慧辨別、揀擇,很容易受社會和周圍環境的影響,逐漸世俗化。不知不覺就以世俗化把自己的道心和修行腐蝕、弱化。這就是溫柔的魔眾,讓自己的道心疲軟下來,趴在輪迴裡再也不願出離。
有一個比喻這樣說:把一隻青蛙放在涼水鍋裡,慢慢的燒水,這隻青蛙感覺很舒服,不知不覺中就在裡面被煮死了。如果把青蛙放進開水鍋裡,牠會立即蹦出來,保全自己的性命。
世俗化給人的假相是:這是有益的,這是給人安樂的,這是正常的,不但沒問題,還是很好的。所以這種溫柔的魔最難提防。實際上,自己已經陷入了迷亂,被樂的假相騙住了,在耽著它的滋味的同時,已經在加深樂執,和厭離、出離的心態完全相反。這種樂執一旦加深,就讓心麻木、壞死,而無心修道了。

無量壽經科註第四回學習班  自了法師、妙音  (第二O七集)  2016/3/5  澳洲淨宗學院