Minggu, 26 Oktober 2014

Perjalanan Jauh Kala Mentari Terbenam 06



Perjalanan Jauh Kala Mentari Terbenam
Bagian  6

Masa kini putra putri yang tidak berbakti sangatlah banyak. Andaikata putra putri anda di rumah memperlakukan anda dengan tidak baik, kadang kala masih dimarahi menantu, atau rumah yang dihuni sangat tidak layak, harus melakukan banyak pekerjaan rumah, semua ini janganlah terlalu dipedulikan. Hendaknya menfokuskan pikiran melafal Amituofo, hal lainnya janganlah dipikirkan,  semakin anda memikirkannya hanya akan semakin emosi, semakin merasa diperlakukan secara tidak adil. Jika ingin agar di dalam hati tidak merasa tersiksa, hendaklah menfokuskan pikiran mengingat Buddha Amitabha dan melafal Amituofo, maka semakin melafal akan semakin bersukacita.

Setelah memahami kebenaran ini, maka hati harus terus menerus ditumpukan ke dalam sepatah Amituofo takkan pernah terpisahkan.  Asalkan di hatimu ada Buddha, maka segalanya akan berubah jadi baik. Di dalam gubuk kecil melafal Amituofo, maka dengan semerbak keharuman Dharmakaya Buddha dan cahaya kebijaksanaanNya, mewibawakan jiwa KeBuddhaan diri, sehingga akan menjadi gubuk yang nyaman; sambil melakukan pekerjaan rumah sambil melafal Amituofo, sehingga pekerjaan juga diselesaikan dengan senang hati.

Maka itu asalkan menfokuskan pikiran melafal Amituofo, hal lainnya janganlah dipikirkan, maka akan terlepas dari penderitaan kecil kehidupan manusia. Bukan hanya dapat terlepas dari penderitaan kecil ini, bahkan penderitaan besar roda samsara juga dapat dilepaskan, sampai saat menjelang ajal, Buddha Amitabha menjemputmu ke Alam Sukhavati, bukankah ini sangat bagus! Maka itu bila benar-benar dapat melepaskan kemelekatan, menfokuskan pikiran melafal Amituofo, tidak perlu harus menunggu hingga terlahir ke Alam Sukhavati, namun saat kini juga dapat setiap saat menikmati kedamaian.

Petikan dari Kelas Belajar Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas
Edisi : 94
Tanggal : 18 Oktober 2014
Bertempat di : Pure Land Learning College Association, Inc., Australia



日暮途遠

 現在兒女不孝順的多。如果在家裡有兒女對你不好,有時受媳婦的罵,或者住的房子很差,要幹很多家務,這些都不要太在意。要一心念阿彌陀佛,其他不要去想它,你想得很多,只會愈想愈生氣、愈想愈委屈。要想心裡不苦,就要一心想阿彌陀佛、念阿彌陀佛,這樣想、這樣念,就會愈念愈歡喜。知道這個道理之後,心就要一直靠著這句佛號不離開。只要你心裡有佛,一切就都會變好。在小屋子裡念佛,這個屋子念得香光莊嚴,就成了極好的屋子;做家務時邊做邊念,做事也變得非常安樂。所以只要一心念佛,其他不想,人生的小苦就會脫掉。不但這點小苦脫掉,連生死的大苦也能脫掉,到了臨終,阿彌陀佛接你去極樂世界,那有多好!所以真能放開,一心念佛,不要等往生之後,現在就能時時享受安樂。

無量壽經科註第四回學習班  (第九十四集) 

2014/10/18  澳洲淨宗學院  檔名:02-042-0094