Sabtu, 28 Mei 2016

Pokok Penting 03


Pokok Penting Terlahir ke Alam Sukhavati
(Bagian 3)

Setelah memahami “suka” dan ”benci”, maka mulailah tekun berusaha untuk kedua hal ini. Daya tarik dari alam saha ini tentunya harus dikurangi, diperlemah, sementara daya tarik dari Tanah Suci Sukhavati harus diperbanyak, diperkuat. Yakni terhadap alam saha ini, baik hubungan dengan orang lain, urusan, makhluk hidup maupun benda mati, kian lama kian merasa hambar, sebaliknya terhadap Buddha Amitabha dan kewibawaan lingkungan Alam Sukhavati semakin menaruh minat yang mendalam, niat untuk terlahir ke sana semakin kuat.

Urusan di dunia harus semakin dikurangi, menjadikan upaya terlahir ke Tanah Suci Sukhavati sebagai urusan utama, harus memiliki kesadaran untuk terus menerus menimbun bekal untuk terlahir ke tanah suci. (bekal adalah yakin, bertekad dan mengamalkan).

Bagaimana cara untuk menimbunnya? Yakni setiap hal yang berkaitan dengan Tanah Suci Sukhavati, harus perbanyak mendengar, merenungi, mengamalkan, perbanyak menimbun bekal. Semakin menimbun maka keyakinan dan tekad akan kian mengental. Kekuatan penuntun ke tanah suci juga akan kian menguat.

Patut diperhatikan bahwa diri sendiri harus mempunyai kesadaran untuk menimbun bekal, jadi bukan cuma duduk-duduk di sana dan mengkhayal. Seseorang yang mempunyai arah dan tujuan serta berkemauan untuk mewujudkannya, maka orang ini setiap hari pasti memperoleh kemajuan, setiap hari memperbanyak bekal terlahir ke tanah suci. Dengan demikian pada akhirnya pasti mewujudkan cita-cita besar terlahir di Tanah Suci Sukhavati.

Andaikata hanya berkata saja, namun tidak ada upaya sama sekali, tidak tahu menimbun bekal, malah merasa diri sendiri sudah benar, orang begini pasti jatuh ke dalam roda samsara.

Andaikata keyakinan dan tekad anda tidak kuat, maka harus perbanyak belajar, memahami Ajaran Sukhavati. Contohnya membaca kisah para praktisi yang berhasil terlahir ke Tanah Suci Sukhavati sehingga timbul sukacita, memuji, bersamaan itu pula juga muncul niat untuk terlahir ke tanah suci.

Atau juga boleh mempelajari “5 sutra dan 1 sastra Aliran Sukhavati”, dapat meningkatkan pengenalan pada Buddha Amitabha dan Alam Sukhavati, ini juga memperkuat keyakinan hati untuk terlahir ke tanah suci.

Petikan Kelas Belajar Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas
Edisi 209
Laporan belajar dari Venerable Zi-liao
Tanggal 10 Maret 2016
Bertempat di Pure Land Learning College Association, Australia
Kode Artikel 02-042-0209


往生的要訣
()

像這樣,我們已經知道了欣、厭是主要,那每天就要在欣、厭上努力。娑婆世界的引力一定要少、要弱,極樂世界的引力一定要多、要強。也就是對於世間的人、事、物等要愈來愈淡,對於阿彌陀佛,觀音、勢至、清淨海眾,西方聖境等,要有愈來愈強的嚮往心。在行為上,就要盡量減少世間的事,把修淨業做為第一大事,要有意識的去增加淨土資糧。怎麼來增加呢?那就要緣著淨土的依、正莊嚴,不斷的做十法行。凡是淨土方面的事,要盡量多聽、多思惟、多修持、多去增長資糧。這上面增加得愈多,信願就愈濃重,前往極樂世界的引力就會愈來愈強。

要注意的是,對於這些,自己必須有意識的去增長,不能只是坐在這裡空想。事在人為,往生也是如此。凡是有志向,而且肯實幹的人,在他身上就天天有進步,天天在增長淨業資糧。這樣的話,最終必定會完成往生的大事。如果一點主動性都沒有,不知道在這上面努力的話,那就屬於在淨業上面消極、懈怠。但這種人,沒見他在世間的事上有多消極,還是在不斷的增長。這就必然要落生死了。

如果你的信願還不強,那就要多學習、多了解淨土方面的事,從多方面增長信願的資糧。這上有很多事情可以做。譬如,有時候看往生的傳記。這樣看一個,心裡就隨喜、讚歎一個,同時就引起了自己對淨土的希求心、嚮往心。或者系統的學「淨土五經一論」,多增長對極樂世界、對阿彌陀佛的認識,這樣就能加強淨土方面的信心,譬如對阿彌陀佛的信心、恭敬心,對極樂世界的希求心等等。

文摘恭錄 — 無量壽經科註第四回學習班  自了法師  (第二O九集)  2016/3/10  澳洲淨宗學院  檔名:02-042-0209